11 Tips dan Trik Beli Mobil Bekas dan Berkualitas

Apakah Anda berkeinginan untuk membeli kendaraan roda empat second? Jika iya, sudah mengetahui tips dan trik beli mobil bekas? Ini menjadi hal penting yang harus diketahui, karena meskipun bekas, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan karena ini berpengaruh pada pemakaiannya kedepan.

Tips dan Trik Beli Mobil Bekas

Memilih mobil bekas tidak boleh sembarangan, bahkan aspek-aspek yang perlu diperhatikan lebih komplit daripada membeli mobil baru. Jika Anda masih bingung dan belum memiliki bekal untuk itu, simak beberapa penjelasan lengkap di bawah ini dengan seksama!

1. Mengetahui Penjualnya

tips dan trik beli mobil bekas

Tips dan trik beli mobil bekas yang pertama adalah dengan mengetahui siapa penjualnya. Mengapa ini penting? Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan saat melakukan transaksi. Dengan meneliti identitas penjual, Anda bisa meminimalisir membeli mobil bekas hasil penipuan, pencurian, dan lain-lain.

Mengingat saat ini banyak orang yang melakukan tindakan kejahatan serta menjual mobil dengan harga murah tanpa adanya surat-surat lengkap. Jika mobil tersebut dititipkan ke dealer, cari tahu juga apa alasannya. Ini akan membantu Anda dalam menghindari kejadian-kejadian tidak diinginkan.

2. Melakukan Survei

Tips dan trik selanjutnya adalah dengan melakukan survei kecil-kecilan. Melalui survei, Anda bisa mengetahui beberapa hal sebelum membeli mobil bekas yang hendak dijual. Untuk surveinya sendiri, calon pembeli dapat melakukannya secara online melalui website atau offline.

Biasanya, beberapa dealer terkenal sudah memanfaatkan yang namanya website, sosial media, dan platform online lainnya. Jika melakukannya secara offline, Anda bisa melihat secara langsung ketersediaannya serta kondisi mobilnya.

3. Mengecek Kondisi Mobil

tips dan trik beli mobil bekas

Pengecekan kondisi mobil menjadi aspek penting dalam membeli mobil bekas. Anda dapat mengecek kondisi eksterior dan interiornya. Adapun komponen yang perlu diperhatikan pada bagian eksteriornya, yakni pastikan mobil tidak mengalami banyak modifikasi. Selain itu, cek juga bagian suspensinya.

Selain itu, lakukan pengecekan pada kondisi ban dan kampas rem. Selanjutnya, cek bagian dalam atau interior mobil. Ada beberapa bagian yang harus Anda cek, seperti AC, sistem audio, switch lampu, kursi, dan lain sebagainya. Periksa juga bagian dashboard apakah masih berfungsi atau tidak.

4. Memeriksa Mesin

Tips dan trik beli mobil bekas berikutnya agar tidak gagal adalah memeriksa mesin. Pemeriksaan mesin ini menjadi hal penting karena dapat berpengaruh pada saat pemakaian kendaraan. Dalam hal ini, Anda harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan jangan sampai ada yang terlewat.

Adapun beberapa bagian yang harus diperiksa, seperti kebocoran oli dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, dengarkan suara yang dikeluarkan ketika mesin mobil dinyalakan, apakah kasar atau sebaliknya. Pengecekan ini harus dilakukan dengan teliti supaya tidak terjadi kendala selama pemakaiannya.

5. Memeriksa Riwayat Service Mobil

Apakah riwayat service mobil penting atau tidak? Tentu saja penting. Melalui data ini, Anda dapat melihat apakah umur mobil bekas masih muda atau tidak. Jika sering dirawat di bengkel resmi, artinya mobil performa mesinnya masih bagus, karena selalu terjaga kondisinya agar tidak turun mesin.

Selain itu, melalui data atau riwayat service tersebut, Anda bisa mengetahui komponen apa saja yang sudah pernah diganti. Beda halnya jika mobil jarang sekali dibawa ke bengkel. Kemungkinan besar banyak bagian yang sudah mengalami kerusakan karena kurangnya perawatan yang diberikan.

6. Mengecek Kelengkapan Surat-Surat

tips dan trik beli mobil bekas

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, pengecekan kelengkapan surat-surat menjadi hal penting yang juga harus dipertimbangkan. Ini bertujuan untuk menghindari pembelian mobil hasil penipuan, pencurian, dan lain sebagainya. Ada beberapa berkas yang perlu dilihat oleh calon pembeli.

Berkas-berkas umum yang dimiliki kendaraan adalah BPKB dan STNK asli. Selain itu, perhatikan nama pemilih asli dari keduanya apakah sesuai dengan identitas dari penjual atau tidak. Tidak hanya itu saja, dengan mengetahui profil dari pemilik sebelumnya, penggantian nama akan menjadi lebih mudah.

7. Memeriksa Status Kendaraan

Tips dan trik beli mobil bekas berikutnya adalah memeriksa status kendaraan. Setelah Anda melihat juga melakukan pengecekan berkas-berkas dari mobil bekas, jangan lupa untuk mencocokannya. Perhatian tanggal serta spesifikasi dari kendaraan, harap lakukan bagian ini dengan teliti.

Selain itu, agar lebih akurat, Anda bisa melakukan pengecekan status kendaraan di kantor Samsat secara online melalui website resmi yang telah disiapkan. Adapun beberapa hal yang harus dicek, seperti blokir hilang, blokir jual, dan blokir tiang elektronik. Semuanya sangat penting bagi calon pembeli.

8. Mencari Tahu Asuransi Mobil

Umumnya, beberapa mobil bekas memiliki yang namanya asuransi yang berfungsi sebagai perlindungan guna menghindari adanya kerugian finansial apabila terjadi hal tidak diinginkan di masa depan. Namun, jangan berharap lebih mengenai hal ini, karena tidak semua orang menggunakan asuransi.

Anda bisa menanyakan ke pihak dealer atau penjualnya secara langsung mengenai asuransi tersebut. Tentu saja asuransi dapat memberikan keuntungan yang cukup besar terutama bagi calon pembeli. Jadi, pastikan untuk melakukan pengecekan mengenai hal ini saat hendak membeli mobil bekas.

9. Melakukan Test Drive

tips dan trik beli mobil bekas

Tips dan trik beli mobil bekas selanjutnya yakni dengan melakukan test drive. Test drive ini berguna untuk melihat kondisi mobil saat dikendarai apakah sesuai ekspektasi Anda atau tidak. Lakukanlah pengetesan di berbagai kondisi jalan serta kecepatan berbeda-beda.

Dengan cara ini, Anda bisa merasakan bagaimana respon rem atau pedal gas, posisi duduk, perpindahan transmisi, ayunan suspensi, dan lain sebagainya. Jika semua komponen berfungsi dengan baik, itu berarti mobil masih layak untuk dikendarai dengan kendala atau hambatan yang minim.

10. Membeli Sesuai Budget

Menentukan budget untuk membeli mobil bekas harus Anda pertimbangkan dengan baik. Informasi ini bisa didapatkan melalui beberapa website jual beli mobil bekas. Kemudian, carilah kendaraan yang diinginkan dan sesuaikan dengan dana yang sudah disiapkan, apakah sesuai atau tidak.

Jangan membeli mobil yang terlalu murah atau mahal. Pastikan uang yang Anda keluarkan sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki mobil bekas tersebut. Jika ingin kredit, sesuaikan dengan kemampuan dalam mencicil setiap bulannya agar nanti tidak terlalu memberatkan saat pembayaran.

11. Membawa Teman

Jika Anda masih ragu dengan kemampuan dalam memilih mobil bekas, alangkah baiknya membawa teman yang memang ahli atau merupakan seorang mekanik. Ini menjadi tips dan trik beli mobil bekas yang paling baik, karena teman dapat memberikan informasi mengenai kendaraan dengan jelas.

Tidak hanya itu saja, tenaga ahli atau mekanik juga dapat meneliti kondisi mobil dan berbagai bagian dari mesin guna menganalisis kekurangannya. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir terjadi kendala saat pemakaian kendaraan.

Demikianlah informasi mengenai tips dan trik beli mobil bekas yang bisa Anda jadikan sebagai pegangan agar tidak salah dalam memilih serta menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti penipuan. Harap perhatikan berbagai aspek yang telah disebutkan di atas secara teliti.